Pungpungan: Sejarah Pendirian BUM Desa Berkaho

Bumdes Berkaho | 14 November 2023 12:29:00 | SEJARAH | 62 Kali

Desa Pungpungan adalah salah satu desa yang mempunyai potensi perekonomian yang besar. Karena di desa Pungpungan terdapat pasar tradisional yang cukup besar. Pasar yang mempunyai konsumen dari 12 desa disekitarnya. Akan tetapi potensi-potensi tersebut belum ada wadah atau lembaga desa yang menanganinya. Tahun berjalan, pimpinan ganti belum terbentuk lembaga BUMDes juga.

Pada akhirnya di awal tahun 2020, Desa Pungpungan mempunyai kepala desa yang baru dengan semangat baru yang luar biasa. Salah satu program awalnya adalah membentuk BUMDesa. Pada pembentukan BUMDesa, kepala desa tidak langsung menunjuk para pengurusnya. Akan tetapi melalui beberapa tahapan panjang. Tahapan pertama pihak pemdes mengundang banyak pihak serta elemen yang ada di desa untuk sharing terkait pembentukan BUMDesa. Pada acara tersebut hadir cukup banyak sekali diantaranya ada dari BPD, Karang taruna, pegiat olaharaga, Akademisi, Tokoh pemuda, dll. Dari pertemuan tersebut disepakati dibentuk sebuah tim untuk mempersiapkan pembentukan BUMDesa.

Tim tersebut bekerja secara marathon untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari membuat Perdes Bumdes, menyusun AS/ART, memunculkan nama-nama pengurus, sampai pada ide-ide bisnis yang akan dijalankan.

Tahapan berikutnya setelah tugas tim tersebut selesai adalah menerahkan draft rancangan BUMDes kepada pihak Pemdes. Setelah Pemdes mempelajari dan setuju dengan draft tersebut, langkah berikutnya adalah mengadakan Musyawarah Desa pembentukan BUMDes dengan BPD.

Setelah BPD menyetujui draft tersebut dengan beberapa penambahan serta pengurangan, tahapan selanjutnya adalah melantik para pengurus BUMDes yang telah direkomendasi oleh hasil Musdes. Perdes BUMDes, AD/ART dan yang lainya juga ikut ditandatangani dalam acara pelantikan tersebut.

Dokumen Lampiran : Pungpungan: Sejarah Pendirian BUM Desa Berkaho


Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jalan Masjid II Nomor 425 Pungpungan
Desa : Pungpungan
Kecamatan : Kalitidu
Kabupaten : Bojonegoro
Kodepos : 62152
Telepon :
Email : pemdespungpungan.kalitidu@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung